Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi
urnal Analisis Bisnis Ekonomi is a journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Magelang, published twice a year in April and October. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange and scientific work between faculty, alumni, students and the public. The article in this journal contains many articles of research both in business and economics.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003"
:
10 Documents
clear
PERANAN STRATEGI OPERASI DALAM PERSAINGAN GLOBAL
Fajarwati, Fajarwati
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (321.287 KB)
Strategi operasi berhubungan luas dengan pengambilalihan kebijaksanaan dan rencana untuk menggunakan sumber daya terbaik perusahaan yang mendukung strategi bersaing dalam jangka panjang. Starategi operasi perusahaan menembus luas keseluruhan dengan strategi kerjasama. Strategi operasi terdiri dari misi, kemampuan, obyektifitas, dan kebijakan perusahaan. Strategi operasi memasukan strategi bisnis analisis eksternal dan analisis internal.
STRATEGI BISNIS PADA USAHA-USAHA BARU BERTEKNOLOGI TINGGI : SUATU ANALISIS EMPIRIS
Natsir, Muh Natsir
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (588.816 KB)
Tujuan studi ini adalah untuk menentukan keberadaan ciri-ciri khusus yang menggolongkan pasar, aktivitas, dan konsumen setidaknya di dua sektor teknologi tinggi yang paling representatif sekarang ini, industri microelectronic / software dan industri bioteknologi / biomedis. Metode statistik cross-tabs telah digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari sampel yang terdiri daari 18 perusahaan Amerika berteknologi tinggi. Salah satu penemuan utama dari studi ini adalah bahwa strategi bisnis akan memiliki prospek yang lebih baik di perusahaan-perusahaan berteknologi tinggi tersebut dengan manfaat dari keunggulan teknologi yang lebih tinggi, setelah menghabiskan waktu lebih lama dalam mengembangkan dan meluncurkan produknya, tetap mampu mempertahankan kebaruan yang melekat pada produknya, berada di tahap menengah sampai tahap akhir rantai produksi.
RESEARCH PROPORTIONS IN CONSUMER BEHAVIOR AND BRAND IDENTIFICATION
Anom, Putu Anom
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Artikel ini mencoba mengajukan beberapa proporsi yang layak untuk diteliti guna pengembangan pengetahuan mengenai isu-isu sentral dalam manajemen pemasaran khususnya isu seputar merk (brand identification) dan perilaku konsumen (consumer behavior). Proposisi yang diajukan terdiri dari 3 bagian utama yaitu proposisi mengenai merk, proposisi mengenai perilaku konsumen dan terakhir proposisi mengenai kombinasi antara merk dan perilaku konsumen.
STRATEGI SUMBERDAYA MANUSIA : ISU DAN TANTANGAN
Bujang, Bujang
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (530.391 KB)
Kemenangan adalah segalanya bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan akibat dari perubahan lingkungan yang ditandai oleh pertumbuhan teknologi dan perkembangan sosial masyarakat. Kemenangan ini hanya dapat dicapai oleh sebuah strategi yang dapa menciptakan nilai bagi konsumen sekaligus tidak mudah ditiru oleh pesaing. Strategi sumber daya manusia adalah merupakan salah satu strategi yang dapat menjawab semuanya itu, apabila perumusannya selaras dengan dengan strategi bisnis. Untuk mendukung pengimplementasian strategi sumberdaya manusia depar-temen sumberdaya manusia dituntut harus mampu mengelola keragaraman sumber-daya manusia, memahami teknologi informasi dalam persaingan, rekayasa ulang sumberdaya manusia, da melakukan outsourcing dalam manajemen sumberdaya manusia. Disamping itu harus menjawab tantangan-tantangan dalam strategi sumberdaya manusia seperti: bagaimana menciptakan strategi yang tidak mudah ditiru oleh pesaing, dan menye-diakan sumber untuk memenangkan persaingan bagi perusahaan.
PERENCANAAN STRATEGI BERSAING MELALUI STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA
Zubadi, Hamron Zubadi
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (480.608 KB)
Artikel ini memaparkan tentang perencanaan strategi bersaing dalam perusahaan bisnis dengan menggunakan strategi sumber daya manusia, yang memberikan beberapa ide mengenai pengembangan startegi sumber daya manusia, termasuk didalamnya, perencanaan penambahan sumber daya manusia, strategi sumber daya manusia, penilaian sumber daya manusia, manajemen sumber daya outsourching, rasionalisasi operqasi putsourching : strategi fokus, struktur desentralisasi, mereduksi birokrasi dan perubahan budaya, politik internal outsourching outcomes, dan aturan main mengenai pengembangan sumber daya manusia dalam upaya mendapatkan keuntungan di tengah persaingan.
STRATEGI SUMBERDAYA MANUSIA : ISU DAN TANTANGAN
Bujang, Bujang
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (530.391 KB)
Kemenangan adalah segalanya bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan akibat dari perubahan lingkungan yang ditandai oleh pertumbuhan teknologi dan perkembangan sosial masyarakat. Kemenangan ini hanya dapat dicapai oleh sebuah strategi yang dapa menciptakan nilai bagi konsumen sekaligus tidak mudah ditiru oleh pesaing. Strategi sumber daya manusia adalah merupakan salah satu strategi yang dapat menjawab semuanya itu, apabila perumusannya selaras dengan dengan strategi bisnis. Untuk mendukung pengimplementasian strategi sumberdaya manusia depar-temen sumberdaya manusia dituntut harus mampu mengelola keragaraman sumber-daya manusia, memahami teknologi informasi dalam persaingan, rekayasa ulang sumberdaya manusia, da melakukan outsourcing dalam manajemen sumberdaya manusia. Disamping itu harus menjawab tantangan-tantangan dalam strategi sumberdaya manusia seperti: bagaimana menciptakan strategi yang tidak mudah ditiru oleh pesaing, dan menye-diakan sumber untuk memenangkan persaingan bagi perusahaan.
PERENCANAAN STRATEGI BERSAING MELALUI STRATEGI SUMBER DAYA MANUSIA
Zubadi, Hamron Zubadi
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (480.608 KB)
Artikel ini memaparkan tentang perencanaan strategi bersaing dalam perusahaan bisnis 'dengan menggunakan strategi sumber daya manusia, yang memberikan beberapa ide mengenai pengembangan startegi sumber daya manusia, termasuk didalamnya, perencanaan penambahan sumber daya manusia, strategi sumber daya manusia, penilaian sumber daya manusia, manajemen sumber daya outsourching, rasionalisasi operqasi putsourching : strategi fokus, struktur desentralisasi, mereduksi birokrasi dan perubahan budaya, politik internal outsourching outcomes, dan aturan main mengenai pengembangan sumber daya manusia dalam upaya mendapatkan keuntungan di tengah persaingan.
PERANAN STRATEGI OPERASI DALAM PERSAINGAN GLOBAL
Fajarwati, Fajarwati
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (321.287 KB)
Strategi operasi berhubungan luas dengan pengambilalihan kebijaksanaan dan rencana untuk menggunakan sumber daya terbaik perusahaan yang mendukung strategi bersaing dalam jangka panjang. Starategi operasi perusahaan menembus luas keseluruhan dengan strategi kerjasama. Strategi operasi terdiri dari misi, kemampuan, obyektifitas, dan kebijakan perusahaan. Strategi operasi memasukan strategi bisnis analisis eksternal dan analisis internal.
STRATEGI BISNIS PADA USAHA-USAHA BARU BERTEKNOLOGI TINGGI : SUATU ANALISIS EMPIRIS
Natsir, Muh Natsir
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (588.816 KB)
Tujuan studi ini adalah untuk menentukan keberadaan ciri-ciri khusus yang menggolongkan pasar, aktivitas, dan konsumen setidaknya di dua sektor teknologi tinggi yang paling representatif sekarang ini, industri microelectronic / software dan industri bioteknologi / biomedis. Metode statistik cross-tabs telah digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari sampel yang terdiri daari 18 perusahaan Amerika berteknologi tinggi. Salah satu penemuan utama dari studi ini adalah bahwa strategi bisnis akan memiliki prospek yang lebih baik di perusahaan-perusahaan berteknologi tinggi tersebut dengan manfaat dari keunggulan teknologi yang lebih tinggi, setelah menghabiskan waktu lebih lama dalam mengembangkan dan meluncurkan produknya, tetap mampu mempertahankan kebaruan yang melekat pada produknya, berada di tahap menengah sampai tahap akhir rantai produksi.
RESEARCH PROPORTIONS IN CONSUMER BEHAVIOR AND BRAND IDENTIFICATION
Anom, Putu Anom
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Artikel ini mencoba mengajukan beberapa proporsi yang layak untuk diteliti guna pengembangan pengetahuan mengenai isu-isu sentral dalam manajemen pemasaran khususnya isu seputar merk (brand identification) dan perilaku konsumen (consumer behavior). Proposisi yang diajukan terdiri dari 3 bagian utama yaitu proposisi mengenai merk, proposisi mengenai perilaku konsumen dan terakhir proposisi mengenai kombinasi antara merk dan perilaku konsumen.